Senin, 30 Juni 2008

JERAWAT

Jerawat ,Acne atau pimple merupakan kondisi dimana pori-pori kulit wajah tersumbat dengan sebum dan sel-sel mati.Anda pasti belum tahu sebum itu apa.?.
Sebum adalah minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous di kulit.
Selain wajah, jerawat juga bis timbul di leher ,dada,atau punggung.
Jerawat lebih sering muncul pada wanita karena berkaitan dengan hormon.Ketika sel-sel yang melapisi bagian dalam folikel rambut mengalami regenerasi,sel-sel tersebut dibawa ke permukaan kulit olehsebum.Dalam perjalannan menuju permukaan kulit,sel-sel tersebut dapat membentuk gumpalan dan menyumbat pori-pori kulit,sehinggasebum menumpuk dibawah permukaan kulit.Sumbatan ini dikenal sebagai komedo. Hal ini yang menyebakan oreng yang mempunyai jeniskulit berminyak rawan akan Jerawat.
Perubahan kadar hormon dapat menyebabkan produksi sebum meningkat dan regenerasi sel berlangsung lebih cepat, sehingga kecendrungan munculnya komedo lebih besar.
Komedo adalah salah satu jerawat ringan, dimana penyumbatan pori-pori terjadi tanpa disertai peradangan.Ada 2 jenis komedo, yaitu:1.komedo tertutup,berwarmna seperti kulit dan terletak dibawah permukaan kulit 2.komedo terbuka berwarna kehitaman dan terletak dipermukaan kulit.
Jerawat yang disertai peradangan karena adanya bakteri yang berlebihan. Bakteri tersebut akan memetabolisme sebum, sehingga terjadi kemerahan dan nanah.


FAKTOR yang MEMPENGARUHI munculnya JERAWAT:
v Perubahan kadar hormone pada masa puberitas dan menjelang menstruasi.
v Makanan kaya lemak.
v Perawatan wajah yang tidak tepat.
v Faktor genetic.
v Stres
v Bakateri penyebab jerawat (Propinionibascterium acnes).


Tanda dan Gejala:
v Pemerahan.
v Gatal.
v Jerawat berisi nanah.

Tidak ada komentar: